Kamis, 29 Agustus 2013

IMG-20130719-00761.jpgKerusakan alam yang terjadi tiap tahun makin parah dan makin merajarela. Alam sebenarnya telah memberikan manfaat yang begitu besar untuk bangsa kita. Namun karena keserakahan manusia, sering kali merusak alam yang seharusnya kita lindungi ini. Hutan,air, dan berbagai sumber lainnya yang dihasilkan oleh alam rusak parah. Ekploitasi menjadi sebab yang utama kerusakan alam. Keuntungan yang melimpah seringkali menjadi pikiran utama bagi mereka tanpa memperhatikan dampak yang di hasilkan akibat dari kelakuan mereka tersebut. Akhirnya kerusakan terus terjadi. Tidak hanya alam yang rusak, namun manusia juga terancam akibat ulah manusi tersebut seperti kasus ini.
Kebakaran di riau
IMG-20130719-00756.jpg           
Beberapa waktu lalu terjadi kebakaran yang sangat dahsyat yang terjadi di Riau. Kebakaran ini menghabiskan ribuan hektar lahan. Riau yang mayoritas tanaman disana adalah kelapa sawit dan struktur tanahnya adalah tanah gambut menyebabkan kebakaran makin parah dan susah untuk di padamkan. Kebakaran di sebabkan oleh karena ada oknum yang berusaha membuka lahan dengan cara membakar hutan tersebut. Akhirnya api pun merembat tak terduga secara cepat karena selain jenis tanahnya merupapan tanah  yang mudah terbakar yaitu tanah gambut, angin kencang juga menjadi masalah yang mengakibatkan cepatnya api merabat.




IMG-20130719-00759.jpglokasi kebakaran yang kami amati ini ada di Bukit Timah, Dumai, Riau. Kebakaran yang terjadi di sini cukup parah. Kebakaran yang terjadi tidak hanya menghanguskan lahan kelapa sawit tetapi juga mengahibiskan hutan, sehinga hutan juga rusak dan mungkin banyak hewan hutan yang habis terpanggang oleh si jago merah. Ini mengakibatkan kerugian yang sangat besar bagi para masyarakat yang lahanya habis terbakar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar